Sabtu, 03 November 2012

WASPADA TERHADAP CUACA MUSIM HUJAN



Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai oleh para hobbies burung berkicau, terutama memasuki masa musim hujan seperti sekarang ini. Jika tidak diwaspadai, maka musim hujan ini bisa berdampak negatif bagi burung peliharaan kita.

Hal-hal yang perlu diwaspadai adalah :

1. Burung memegarkan bulu.
Ini adalah tanda bahwa burung sedang dalam kondisi fisik yang kurang sehat diakibatkan oleh suhu udara yang cenderung dingin.
Selain memegarkan bulu, burung cenderung menjadi murung dan kurang aktif, selain itu nafsu makan juga dapat menurun secara drastis, dan hal ini dapat berujung pada kematian.
Solusinya, usahakan burung ditempatkan pada lokasi yang bersuhu sedikit hangat selama musim hujan. Penempatan bisa di bawah cahaya lampu, atau dalam ruangan yang sedikit hangat. Full korodong juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari hawa dingin selama musim hujan.

Usahakan jangan memandikan burung selama tidak ada jaminan bahwa matahari akan terbit dengan cerah.

2. Pakan yang terkontaminasi.
Udara lembab akan sangat mudah merubah struktur kimia yang terkandung dalam pakan atau voer. Selain membuat pakan menjadi lembab dan mudah berjamur, hal ini juga dapat mengganggu sistem pencernaan burung jika dikonsumsi secara terus menerus, karena pakan telah terkontaminasi akibat udara lembab.
Perubahan pada pakan atau voer ini juga dapat menyebabkan burung kehilangan selera makan, hal ini ditandai dengan sedikitnya kotoran burung dibandingkan dengan biasanya dan banyaknya pakan yang tumpah di dasar sangkar.
Solusinya, selama musim hujan ini, biasakan memberi pakan hanya untuk kebutuhan perhari. Keesokan harinya, pakan sisa dibuang dan diganti dengan pakan yang baru.

Selain itu, pakan yang telah terbuka kemasannya , sebaiknya ditempatkan pada wadah tertutup dan tidak disimpan pada ruangan bersuhu lembab.

3. Sediakan EF segar.
Pada saat burung sedang dalam kondisi tidak prima dan nafsu makannya berkurang, EF segar adalah solusi terbaik untuk mengatasi hal ini.
Selama musim hujan, EF yang dapat meningkatkan suhu tubuh burung seperti Ulat Hong Kong adalah kebutuhan utama burung.
Pemberian dapat dilakukan secara terbatas dan cukup dilakukan selama masa musim hujan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar